Connect with us

Daerah

Haul Ke-27 KH Achmad Sjaichu, Menjaga Sanad Ilmu Merawat Ajaran Guru

Published

on

Depok, JATMAN Online – Peringatan Haul KH Achmad Sjaichu bin KH. Abdul Hamid yang ke-27 dengan tema ‘Menjaga Sanad Ilmu, Merawat Ajaran Guru’ menghadirkan tokoh dai milenial Habib Husein Jafar Al-Hadar dan Dr. KH. M. Luqman Hakim selaku Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jabar (05/2) Sabtu.

Sambutan mewakili Dhuriyah KH Achmad Sjaichu oleh Direktur Utama YIA Bapak dr. H. Imam Susanto Sjaichu, Sp. Bp. RE (K). Kondisi saat ini mengharuskan kita untuk tidak berkumpul bersama, namun peringatan haul ini tetap kita laksanakan tiada lain mengambil pelajaran dari Al-Maggfurlah KH. Achmad Sjaichu yang akan disampaikan oleh para penceramah via hybrid.

”Haul Al-Maghfurlah KH. Achmad Sjaichu yang ke-27 alhamdulillah bisa dilaksanakan walaupun dengan daring dan luring, semoga tidak mengurangi keberkahan dan kita yang hadir dapat mengambil hikmah dari ketokohan beliau. Terima kasih kepada para Kiai dan semua panitia sehingga acara ini berjalan dengan khidmat dan penuh berkah dengan kehadiran Dr. KH. M. Luqman Hakim dan Habib Husein Jafar Al-Hadar,” ucap Direktur Utama Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA).

Prof. Dr. KH. Oman Fathurahman, M.Hum menyampaikan bahwa Al-Magfurlah KH. Achmad Sjaichu adalah murid dari Kiai besar, santri kesayangan Mbah Ma’shum Lasem dan Mbah Wahab Hasbullah salah seorang Pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Sanad artinya sandaran, sebagai santri ketika lulus dari pesantren, maka santri bisa menyebutkan siapa gurunya, hal ini menjadi keunggulan santri dibandingkan dengan pelajar lainnya.

“Saya nyantri di Cipasung, Abah Rukhiyat secara sanad keilmuan sama dengan Kiai Sjaichu. Kesamaan Guru yang pernah mengeyam belajar di Pesantren Mbah Ma’shum Lasem. Ada pertemuan sanad dari ulama ulama kita, menjaga sanad ilmu merawat ajaran guru untuk tema haul kali ini. Terima kasih kepada kedua pembicara, mohon doanya agar terjaga dari hal-hal yang menggangu aktifitas kita di Pesantren, untuk para santri sering kita ingatkan bahwa memakai masker itu bukan kewajiban tetapi harus menjadi kebutuhan, mudah-mudahan dengan Haul ini menjadi doa untuk Al-Maghfurlah, dan keberkahan untuk kita semua, dan menyemai maslahat untuk umat,” Ucap Professor Filologi Islam FAH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menutup sambutannya.

Penceramah pertama Habib Husein Ja’far Al-Hadar hadir via zoom meeting, menyampaikan bahwa sanad keilmuan yang ada pada Al-Maghfurlah KH. Sjaichu jelas memiliki ketersambungan dengan para ulama yang berkhidmat di Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) dan ini menjadi keunggulan serta kebanggaan untuk para santri.

“Berbicara (ngomongin) sanad keilmuan. Ada keunggulan yang tidak dimiliki oleh lembaga lain, bahwa pesantren menjadi yang terdepan,” ujar Pengampu Channel Jeda Nulis.

Perkataan Ibnu Sirin ini dibawakan oleh Imam Muslim dalam muqoodimah shahihnya sebuah bab yang berjudul :

بَابُ بَيَانِ أَنَّ الإِسْنَادَ مِنَ الدِّيْنِ وَأَنَّ الرِّوَايَةَ لاَ تَكُوْنُ إِلاَّ عَنِ الثِّقَاتِ وَأَنَّ جَرْحَ الرُّوَاةِ بِمَا هُوَ فِيْهِمْ جَائِزٌ بَلْ وَاجِبٌ وَأَنَّهُ لَيْسَ مِنَ الْغِيْبَةِ الْمُحَرَّمَةِ بَلْ مِنَ الذَّبِّ عَنِ الشَّرِيْعَةِ الْمُكَرَّمَةِ

Bab penjelasan bahwasanya isnad bagian dari agama, dan bahwasanya riwayat tidak boleh kecuali dari para perawi yang tsiqoh, dan bahwasanya menjarh (menjelaskan aib) para perawi -yang sesuai ada pada mereka- diperbolehkan, bahkan wajib (hukumnya) dan hal ini bukanlah ghibah yang diharamkan, bahkan merupakan bentuk pembelaan terhadap syari’at yang mulia.
perkataan Ibnul Mubarrok rahimahullah :

الإِسْنَادُ مِنَ الدِّيْنِ وَلَوْلاَ الإِسْنَادُ لَقَالَ مَنْ شَاءَ مَا شَاءَ
Isnad adalah bagian dari agama, kalau bukan karena isnad maka setiap orang yang berkeinginan akan mengucapkan apa yang ia kehendaki.

Fenomena yang terjadi saat ini di medsos jika tidak selektif dalam mencari ilmu maka akan mendapati ketidakberkahan ilmu, banyak yang pintar secara kognitif, mampu menghafal ratusan rumus, banyak pengetahuan terkait apa pun tetapi kenyataannya malah tidak sesuai dengan akhlak.

Sebagaimana firman Allah Ta’ala , Surat Al-Jumuah ayat 5
مَثَلُ الَّذِيْنَ حُمِّلُوا التَّوْرٰىةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوْهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ اَسْفَارًاۗ بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

Perumpamaan orang-orang yang diberi tugas membawa Taurat, kemudian mereka tidak membawanya (tidak mengamalkannya) adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Sangat buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

“perilaku seseorang yang punya ilmu di kepalanya tapi tidak mengamalkannya ini lebih buruk dari hewan, bisa jadi pintar bicara tapi belum tentu pintar mengamalkannya, maka keberkahan saat mencari ilmu haruslah memuliakan orang yang memiliki ilmu (Kiai, Ustadz, Guru) sehingga keberkahan ilmu dan kemuliaan akan didapatinya,” pungkasnya. 

Pewarta : Abdul Mun’im Hasan

Editor : Warto’i

Continue Reading

Berita

Sebarluaskan Tarekat, JATMAN Jateng dan DIY Gelar Manaqib Kubra

Published

on

Semarang, JATMAN Online – Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) Idaroh Wustho Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) menggelar Manaqib Kubro di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Nyatnyono, Ungaran, Semarang, Sabtu (9/9/2023).

Manaqib Kubro, Istighosah, Bahtsul Masail, Temu Mursyid, dan Pengajian Akbar murupakan kegiatan rutin keliling 6 bulan sekali di 41 Syu’biyyah yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Manaqib Kubro ini turut dihadiri oleh perwakilan pengurus Idarah Aliyyah, pengurus Idarah Wustho Jateng dan DIY, Pengurus Syu’biyyah, para masyaikh dan habaib, serta TNI – Porli setempat dan tamu undangan lainnya.

Menurut Mudir JATMAN Jateng KH Ahmad Sa’id Lafif, Musyawarah Idaroh Wustho merupakan program JATMAN yang rutin dilakukan satu tahun dua kali.

“Program ini akan berkelanjutan terus menerus merupakan bagian Khidmah kita terhadap Thoriqoh.Musyawarah Idharoh Wustho ini bentuk komunikasi yang baik, sehingga menjalankan JATMAN Jateng berkembang pesat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal JATMAN Idaroh Aliyyah KH. Mashudi dalam sambutannya menyampaikan atas nama JATMAN Idaroh Aliyyah mengapresiasi kegiatan pengajian akbar dan manaqib kubro ini

“Sejak pagi sampai sekarang dengan pengajian akbar dan tadi kita mengikuti bersama-sama maulidurrasul, kami yakin bahwa ini adalah arena untuk menjadikan majelis ini majelis yang mubarak. Sepulang dari mejelis ini semuanya diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” katanya.

Kiai Mashudi menjelaskan mejelis seperti inilah yang dikemas dan dikawal oleh JATMAN menjadi salah satu ngerem datangnya kiamat.

“Tidak akan terjadi kiamat selagi masih ada orang yang wirid dzikir Allah, Allah, Allah. Itulah garapan dari JATMAN, mengistiqomahkan wirid. Jadi, barangsiapa yang diberikan kekuaran berdzikir maka yang bersangkutan akan diberi tanda-tanda kewalian,” jelasnya.

“Jadi, JATMAN itu bukan hanya diikuti oleh bapak-bapaknya saja tapi ibu-ibunya juga berthoriqoh. Polisi berthoriqoh, tantara berthoriqoh. Mari kita do’akan dengan didampingi TNI-POLRI JATMAN semakin besar. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin,” tambahnya.

Mudah-mudahan majelis ini, lanjutnya, menjadikan kita semakin cinta kepada Rasululah shalallahu ‘alaihi wassalam. Ketika kita berkhidmah kepada Allah maka segala sesuatu akan tunduk kepada kita.

“Itulah sebabnya JATMAN sedang mengembangkan salah satu lajnah, yaitu lajnah Wathonah (Wanita Thoriqoh an Nahdliyyah). Kemudian lajnah MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al Mu’tabah an Nahdliyyah),” paparnya.

“Mudah-mudahan semua program yang sudah direncanakan oleh Idarah Aliyyah berserta Idaroh Wustho, Syu’biyyah, Ghusniyyah, dan Sa’afiyyah Se-Indonesia dimudahakan Allah dan akhirnya JATMAN menjadi jam’iyyah salah satu yang bisa mengamankan Indonesia yang kita cintai ini, menjadi Indonesia semakin hebat dan maju,” ungkapnya.

Continue Reading

Berita

Puang Makka Hadiri Silaturahmi Mursyid, Khalifah, Badal dan Jamaah Thariqah di Jember

Published

on

Jember, JATMAN Online – Silaturahim Mursyid, Khalifah, Badal dan Jamaah Thariqah yang dilaksanakan di Masjid Al Munawwir, Ponpes Raden Rahmat Sunan Ampel Jember berlangsung hangat, Selasa (12/09).

Acara yang dinarasumberi oleh Rais Awwal Idarah Aliyah JATMAN Sayyid Abdurrahim Assegaf Puang Makka tersebut banyak menjawab beragam persoalan dalam berthariqah yang selama ini masih membayangi para jamaah.

Shahibul bait yang juga Pengasuh Ponpes Raden Rahmat Sunan Ampel, Kiai Ahmad Nafi’ menyampaikan bahwa kehadiran Puang Makka merupakan sebuah keberkahan. Dalam pengantarnya, sebelum diserahkan sepenuhnya kepada Puang Makka, Kiai Nafi juga sedikit menjelaskan bagaimana korelasi antara Islam, Iman dan Ihsan serta peran JATMAN sebagai sebuah organisasi thariqah di Indonesia.

“Saat ini, semua orang membutuhkan kekuatan ruhaniyah, energi spiritual yang ini didapatkan setelah kita diberi anugerah iman kemudian bisa membuktikannya dengan syariat mengamalkan islam, maka energi ruhaniyah akan mengisi Islam dengan Ihsan. Di mana ilmunya di tasawuf, praktiknya di Thariqah. Di Indonesia, ada organisasinya, bukan hanya jamaah tapi juga jamiyyah yaitu JATMAN. Rais Am adalah Maulana Habib Luthfi Pekalongan,” ungkapnya.

Pengantar ini kemudian diperjelas oleh narasumber, Puang Makka, bahwa benar adanya jika JATMAN didirikan untuk menjembatani semua thariqah muktabarah yang ada di Indonesia dan menjaganya dari aliran-aliran sesat tanpa mencampuradukan amalan-amalan yang ada pada masing-masing thariqah. Karena muktabarahnya thariqah itu harus memenuhi tiga komponen secara lengkap, yaitu sanad, kitab dan amalan.

“Sebab belakangan ini banyak juga muncul thariqah tetapi ternyata hanya aliran kebatinan kemudian mencap dirinya sebagai muktabarah. Itulah yang dihimpun oleh JATMAN. Tapi JATMAN itu tidak memasuki urusan thariqah masing-masing,” papar Puang Makka.

Puang Makka juga menjelaskan secara gamblang, bagaimana posisi thariqah dalam pengolahan hati. Menurutnya urusan thariqah urusan hati, yang mana tasawuf sebagai ilmunya dan thariqah adalah amalannya yang menjadi wilayah rasa.

Halawatul Islam, Halawatul Iman, Halawatul Ihsan, manisnya dapat dirasakannya Islam itu dengan baik, dapat dinikmatinya Iman itu dengan baik, dapat dinikmatnya manisnya Ihsan itu dengan baik, itulah wilayah thariqah. Jadi wilayah thariqah itu adalah wilayah rasa,” jelasnya

Sementara itu, Rais Idarah Syu’biyyah Jember Kiai Nur Ali Amamu, S.Pd.I sangat mengapresiasi pertemuan ini.

“Untuk itu, kami berharap JATMAN, terutama dari Wustho, Aliyah, dapat memberikan pencerahan-pencerahan. Dan JATMAN benar-benar dikelola dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Selain beberapa tokoh di atas, hadir pula beberapa lainnya seperti Dosen Fakultas Kedokteran UNEJ Dr. dr. Munawwir,juga para mursyid, khalifah, badal dan jamaah thariqah lainnya.

Continue Reading

Berita

Habib Luthfi Ingatkan Kirab Merah Putih Bukan Hanya Seremonil Biasa dan Generasi Muda Sebagai Penerus Bangsa

Published

on

Tasikmalaya, JATMAN Online – Rais ‘Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) Maulana Habib Luthfi bin Yahya menghadiri Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih se-Priangan Timur di Tasikmalaya dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77, Jumat (25/8/2023).

Ribuan Peserta Apel Kebangsaan dan Kirab Merah Putih tumpah ruah di Kota Tasikmalaya, peserta membawa bendera merah putih sepanjang 500 meter. Kirab Merah Putih ini berlangsung mulai dari Jalan Yudanegara hingga Jalan HZ Mustofa dan berakhir di Kompleks Olahraga Dadaha Kota Tasikmalaya.

Habib Luthfi bin Yahya mengingatkan dalam tausyiah kebangsaannya, kirab merah putih bukan hanya acara seremonial biasa, melainkan sebuah kesempatan untuk mengingatkan masyarakat akan tiga hal penting, yakni harga diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa. Menurutnya, kirab merah putih adalah cara untuk selalu mengingat dan memahami nilai-nilai tersebut.

“Mengapa kita selalu mengadakan kirab merah putih di mana-mana? Tujuannya adalah untuk mengingatkan kita bahwa dalam merah putih terkandung makna yang dalam, yaitu harga diri bangsa, kehormatan bangsa, dan jati diri bangsa. Kita harus selalu mengingat nilai-nilai ini,” kata Habib Luthfi.

Dengan memahami nilai-nilai ini, lanjut Habib Luthfi, akan tumbuh rasa memiliki terhadap republik Indonesia, bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, dan berbangga menjadi putra-putri Indonesia serta memiliki tanah air yang bernama Indonesia.

“Kita, yang merupakan warga merah putih, harus bangga dengan identitas kita ini. Kirab merah putih ini juga bertujuan untuk membekali generasi muda kita dalam membangun masa depan bangsa dan menghadapi berbagai tantangan yang ada. Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dengan teguh,” jelasnya.

“Jangan sampai memalukan para pendiri bangsa. Kita tak akan rela bila negara ini terpecah belah. Kita orang Merah Putih, dada kita Merah Putih,” imbuhnya.

Menurut Ketua Forum Sufi Dunia ini, Kirab merah putih kebangsaan di Tasikmalaya adalah contoh sukses dari upaya memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah silaturahmi dan kebersamaan antar elemen masyarakat serta antar umat beragama.

“Tak perlu kita berbicara perbedaan. Tak perlu lagi berbicara partainya a atau b atau c. Silahkan partai berbeda, tapi ingat Merah Putih hanya satu, Indonesia hanya satu,” tegasnya.

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI ini menjelaskan bahwa kirab merah putih kebangsaan adalah salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme di tengah masyarakat. Acara semacam ini juga penting untuk terus mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang keras demi kemerdekaan Indonesia.

“Oleh karena itu, perlu diadakan secara rutin agar rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat tetap terjaga dan terus meningkat. Kirab merah putih adalah pengingat akan jati diri bangsa, kehormatan bangsa, dan harga diri bangsa Indonesia yang harus selalu dijunjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Sekedar informasi, Kurang lebih 700 peserta dari Kota Banjar yang mengikuti kegiatan tersebut di antaranya, Personel Polres Banjar, Yonif Raider 323/BP, BPBD, Dishub, Sat Pol PP, Ormas, tokoh agama.

Serta Paskibraka, Drum Band, Siswa-siswi dan santri-santriwati, pencak silat, OKP, hadroh, kuda lumping, jurig sarengseng, OKP, serta masyarakat kota Banjar lainnya. Dalam kirab ini, peserta membawa berbagai atribut yang menunjukkan kecintaannya kepada Tanah Air, seperti bendera merah putih

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending