Bekasi, JATMAN Online: KH. Agus Salim HS, Ro’is Idaroh Syu’biyah JATMAN Kabupaten Bekasi, memimpin khususiyah Jama’ah Thoriqoh Syadziliyah wal Qodiriyah wan Naqsabandiyah Pondok PETA Tulungagung, Bekasi, Jawa Barat. Jamaah yang diimaminya tersebut, rutin melaksanakan kegiatan pengajian, dzikir, yang dikenal dengan sebutan khususiyah setiap malam selasa dan malam Jum’at. Kegiatan rutin ini, dilaksanakan di Gedung Yayasan Manba’ul Hikmah Warrisalah, Cikarang Utara, Bekasi, pada malam Selasa, (06/09).
Rutinan khususiyah tersebut di awali dengan pembacaan shalawat, dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. Selesai shalat dilanjutkan dengan dzikir ba’da shalat, kemudian disambung dengan dzikir aurad Syadziliyah dan aurad Qodiryyah, beserta hizbul bahri, asyfa’, khotmil hizb, ditutup dengan doa.
Dalam rutinan khususiyah yang dipimpinnya KH. Agus Salim HS, menyampaikan pentingnya punya guru yang mau membimbing jiwa kita kepada Allah. Kemudian Abi Agus Salim (sapaan akrab murid-muridnya) mengutip sebuah hadits dari Abu Daud, yang berbunyi:
كن مع الله فإن لم تكن مع الله كن مع من مع الله فإنه يصيلك الى الله
Jadikanlah dirimu bersama Allah, jika Engkau belum bisa menjadikan dirimu bersama Allah, maka jadikanlah dirimu bersama dengan orang yang bersama Allah, maka sesungguhnya orang itulah yang menghubungkan engkau kepada Allah (HR. Abu Daud).
Kyai Agus kemudian mengutip juga sebuah ayat Al Qur’an yang berbunyi;
Hai orang-orang beriman bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang benar (Q.S. At Taubah 9: 119).
Dari hadits dan ayat al-Qur’an di atas maka secara tersirat kita diharuskan untuk mempunyai seorang pembimbing rohani, guru yang bukan sembarang guru, akan tetapi mursyid kamil yang mau bertanggung jawab membimbing jiwa kita, agar sampai kehadirat Allah Subhanahu wata’ala.
Guru yang di maksud adalah mursyid, yaitu guru yang sudah sampai dan bersama dengan Allah. Seorang mursyid bukan hanya memimpin, membimbing dan membina murid-muridnya dalam kehidupan lahiriah dan pergaulan sehari-hari agar taat ajaran Islam dan tidak terjerumus ke dalam maksiat, akan tetapi juga memimpin, membimbing dan membina murid-muridnya melaksanakan kewajiban yang ditetapkan olah syariat dan melaksanakan amaliyah Islam secara integral yaitu syariat, thoriqoh, dan haqiqat untuk bertaqarrub kepada Allah Subhanahu Wata’ala.
Di samping memimpin yang bersifat lahiriah tersebut, seorang mursyid juga membimbing jiwa para murid-muridnya, menuntun dan membawa murid-muridnya kepada tujuan utama guna mendapatkan ridha Allah. Oleh sebab itu seorang mursyid pada hakikatnya adalah sahabat rohani yang sangat akrab dengan rohani muridnya dan bersama-sama tidak bercerai berai, beriring-iringan, berimam-imam melaksanakan dzikrullah dan ibadah lainnya menuju kehadirat Allah.
Kyai Agus Salim HS yang merupakan Pembina MATAN Kabupaten Bekasi juga menegaskan, bahwa seorang mursyid silsilahnya harus bersambung sampai kepada Nabi Muhammad. Selain itu sorang mursyid haruslah mendapatkan izin dari mursyid sebelumnya. Dengan demikian seorang mursyid haruslah mendapatkan tempaan pendidikan rohani yang sempurna, sudah arif billah, dengan kata lain seorang wali yang mendapat izin dalam kemursyidannya.
“Guru, pembimbing, atau mursyid itu harus menerima mandat secara langsung, yang biasa kita sebut dengan ma’dhun bis syeikh,” ujar Kyai Agus.
Kyai Agus, juga menjelaskan seorang murid atau salik yang berthoriqoh tanpa mursyid maka gurunya adalah setan. Seperti ungkapan yang cukup populer:
مَن لا شيخَ له؛ فشيخُه الشيطان
”Barangsiapa yang tidak punya guru, maka gurunya adalah setan”.
Hal ini diperkuat juga dengan ungkapan Imam Syafi’i yang mengatakan:
“Orang yang belajar ilmu tanpa sanad kepada guru bagaikan orang yang mengumpulkan kayu bakar digelapnya malam, ia membawa pengikat kayu bakar yang terdapat padanya ular berbisa dan ia tak tahu”.
Oleh karena menurutnya, di sinilah letak sangat penting berthoriqoh, bagi setiap muslim untuk mempunyai Guru Mursyid.[Abdus Saleh/Andre]
Jakarta, JATMAN Online – Khodimut Thariqah Naqsabandiyah KH. Ahmad Nafi menjelaskan setelah tarbiyah syariat, selanjutnya tarbiyah qulub. Ilmu tasawuf, memperbaiki nafsu, membuka hijab. Orang yang sudah bersyariat, berfiqih, bertasawuf maka itulah orang yang sampai pada hakikat.
“Hakikat adalah sempurnanya iman. Yakni, dalam kitab Lathoiful Isyaroh, hidupnya kalbu bersama Allah kapanpun, dimanapun, dengan siapapun. Kita tidak hanya mencegah hawa nafsu saat ibadah, tapi saat dalam pekerjaan,” kata Kiai Nafi saat mengadiri Pengajian Bulanan di Pesantren Mahasiswa Daarusshohabah, Jalan Pemuda Asli II No. 20 RT 03/03, Rawamangun, DKI Jakarta, Kamis (14/09/2023).
Pengasuh PP Raden Rahmat Sunan Ampel Jember ini menyampaikan kalau baik dengan orang yang baik itu wajar. Kalau hati bersih, ketemu orang maksiat atau buruk atau kriminal saja selalu husnuzon.
“Gimana caranya bersih hati? Kita harus tawadlu berhadapan dengan orang maksiat. Itu diterangkan dalam kitab Nasoihul ibad, caranya lihatlah bahwa rahmat Allah mungkin diberikan pada siapapun yang dikehendaki-Nya, sekalipun manusia itu ahli maksiat. Jika dia mendapat hidayah, bisa husnul khatimah. Kita tidak bisa menjamin bisa husnul khotimah,” jelasnya.
“Bencilah pada perilakunya, jangan benci pada orangnya. Ketika kita tidak bisa tawadlu, berarti ada kesombongan dalam hati,” tambahnya.
Menurut Kiai Nafi, cita-cita mulia adalah baik di dunia dan akhirat, tercegah dari neraka, masuk surga tanpa melihat neraka, tanpa hisab. Gimana caranya? Jadilah orang-orang pilihan Allah. Jadilah orang-orang yang shalih (ibadah dan muamalah).
“Ibadah jangan jasmani saja, isi juga dengan ruhaniyah, sambung dengan Nur Nabi, yakni sambunglah dengan orang-orang yang menjadi jalan menuju Allah. Jadilah orang yang bisa menjadi sahabat terbaik bagi semua orang,” ungkapnya.
Semarang, JATMAN Online – Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al Mu’tabaroh an Nahdliyyah (JATMAN) Idaroh Wustho Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY) menggelar Manaqib Kubro di Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Nyatnyono, Ungaran, Semarang, Sabtu (9/9/2023).
Manaqib Kubro, Istighosah, Bahtsul Masail, Temu Mursyid, dan Pengajian Akbar murupakan kegiatan rutin keliling 6 bulan sekali di 41 Syu’biyyah yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Manaqib Kubro ini turut dihadiri oleh perwakilan pengurus Idarah Aliyyah, pengurus Idarah Wustho Jateng dan DIY, Pengurus Syu’biyyah, para masyaikh dan habaib, serta TNI – Porli setempat dan tamu undangan lainnya.
Menurut Mudir JATMAN Jateng KH Ahmad Sa’id Lafif, Musyawarah Idaroh Wustho merupakan program JATMAN yang rutin dilakukan satu tahun dua kali.
“Program ini akan berkelanjutan terus menerus merupakan bagian Khidmah kita terhadap Thoriqoh.Musyawarah Idharoh Wustho ini bentuk komunikasi yang baik, sehingga menjalankan JATMAN Jateng berkembang pesat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,’’ katanya.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal JATMAN Idaroh Aliyyah KH. Mashudi dalam sambutannya menyampaikan atas nama JATMAN Idaroh Aliyyah mengapresiasi kegiatan pengajian akbar dan manaqib kubro ini
“Sejak pagi sampai sekarang dengan pengajian akbar dan tadi kita mengikuti bersama-sama maulidurrasul, kami yakin bahwa ini adalah arena untuk menjadikan majelis ini majelis yang mubarak. Sepulang dari mejelis ini semuanya diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” katanya.
Kiai Mashudi menjelaskan mejelis seperti inilah yang dikemas dan dikawal oleh JATMAN menjadi salah satu ngerem datangnya kiamat.
“Tidak akan terjadi kiamat selagi masih ada orang yang wirid dzikir Allah, Allah, Allah. Itulah garapan dari JATMAN, mengistiqomahkan wirid. Jadi, barangsiapa yang diberikan kekuaran berdzikir maka yang bersangkutan akan diberi tanda-tanda kewalian,” jelasnya.
“Jadi, JATMAN itu bukan hanya diikuti oleh bapak-bapaknya saja tapi ibu-ibunya juga berthoriqoh. Polisi berthoriqoh, tantara berthoriqoh. Mari kita do’akan dengan didampingi TNI-POLRI JATMAN semakin besar. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin,” tambahnya.
Mudah-mudahan majelis ini, lanjutnya, menjadikan kita semakin cinta kepada Rasululah shalallahu ‘alaihi wassalam. Ketika kita berkhidmah kepada Allah maka segala sesuatu akan tunduk kepada kita.
“Itulah sebabnya JATMAN sedang mengembangkan salah satu lajnah, yaitu lajnah Wathonah (Wanita Thoriqoh an Nahdliyyah). Kemudian lajnah MATAN (Mahasiswa Ahlith Thoriqoh al Mu’tabah an Nahdliyyah),” paparnya.
“Mudah-mudahan semua program yang sudah direncanakan oleh Idarah Aliyyah berserta Idaroh Wustho, Syu’biyyah, Ghusniyyah, dan Sa’afiyyah Se-Indonesia dimudahakan Allah dan akhirnya JATMAN menjadi jam’iyyah salah satu yang bisa mengamankan Indonesia yang kita cintai ini, menjadi Indonesia semakin hebat dan maju,” ungkapnya.
Jakarta, JATMAN Online – Seiring dengan kemarau panjang yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini, yang membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengajak umat Islam untuk menggelar Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan.
“Kementerian Agama mengajak umat Islam untuk melaksanakan Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan,” kata Gus Yaqut di Jakarta, Jumat (15/09).
Ia mengatakan sesuai dengan namanya, al-istisqa’, adalah meminta curahan air penghidupan (thalab al-saqaya). Para ulama fikih mendefinisikan Shalat Istisqa sebagai shalat sunah muakkadah yang dikerjakan untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan air hujan.
Shalat Istisqa pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW, seperti yang dikisahkan lewat hadis riwayat Abu Hurairah RA.
Menurut Gus Yaqut, Shalat Istisqa menjadi bagian dari ikhtiar batin sekaligus bentuk penghambaan kepada Allah SWT.
“Memohon agar Allah menurunkan hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda. Amin,” ujarnya.
Adapun pelaksanaan Shalat Istisqa sama dengan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha. Sesudah Takbiratul Ihram, melakukan takbir tujuh kali pada rakaat pertama, dan lima kali takbir pada rakaat kedua.
Setelah membaca Surat Al-Fatihah dan lainnya, lalu rukuk, sujud hingga duduk tahiyyat kemudian salam.
Khatib lalu menyampaikan khutbah sama seperti khutbah Idul Fitri dan Idul Adha. Khutbah dianjurkan mengajak umat Islam untuk bertobat, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya pada saat kemarau panjang.