Connect with us

Tokoh

Mengenal Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, Ulama Besar dari Tanah Borneo

Published

on

Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1702-1807) atau yang dikenal juga dengan sebutan Datuk Kalampayan Martapura adalah seorang ulama yang menganut Madzhab Syafi’i. Ia dilahirkan di Desa Lok Gabang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Syekh Arsyad adalah anak pertama dari lima bersaudara. Ia lahir dalam keluarga yang sederhana. Ayahnya seorang yang zuhud, alim dan pernah juga menjadi seorang pimpinan panglima dalam melawan penjajahan Portugis dan Belanda.

Dari jalur ayah, nasabnya sampai pada Rasulullah saw. yaitu, Maulana Muhammad Arsyad Al-Banjari, bin Abdullah, bin Tuan Penghulu Abu Bakar, bin Sultan Abdurrasyid Mindanao, bin Abdullah, bin Abu Bakar Al-Hindi, bin Ahmad Ash-Shalaibiyyah, bin Husein bin Abdullah, bin Syekh Abdullah Al-Idrus Al-Akbar (datuk seluruh keluarga Al-Aidrus), bin Abu Bakar As-Sakran, bin Abdurrahman As-Saqaf, bin Muhammad Maula Dawilah, bin Ali Maula Ad Dark bin Alwi Al-Ghoyyur, bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam (574-653 H), bin Ali Faqih Nuruddin, bin Muhammad Shahib Mirbath, bin Alwi bin Muhammad Maula Shama’ah,bin Alawi Abi Sadah, bin Ubaidillah, bin Imam Ahmad Al-Muhajir (820-924) dikenal dengan panggilan Al-Imam Ahmad bin Isabin Imam Isa Ar-Rumi, bin Al-Imam Muhammad An Naqib, bin Al-Imam Ali Uraidhy, bin Al-Imam Ja’far As-Shadiq, bin Al-Imam Muhammad Al-Baqir, bin Al-Imam Ali Zainal Abidin, bin Al-Imam Sayyidina Husein, bin Al Imam Amirul Mu’minin Ali Karamallah wajhah, wa Sayyidah Fatimah Az Zahra, binti Rasulullah saw.

Sejak kecil, Syekh Arsyad sudah menunjukkan keahliannya di bidang seni lukis. Suatu ketika, Sultan Kerajaan Banjar (Sultan Tahmidullah) mengelilingi kampung-kampung dengan tujuan untuk melihat keadaaan rakyatnya. Kemudian ia terhenti pada sebuah rumah yang terletak di Desa Lok Gabang. Ia merasa kagum dan terkesima ketika menemui sebuah lukisan yang ada di rumah tersebut. Alhasil Sultan Banjar tersebut menanyai siapakah yang membuat lukisan seindah ini. Karena merasa kagum dan terkesima akhirnya Sultan Banjar menemui yang mempunyai rumah tersebut dan bertanyalah tentang perihal lukisan yang telah membuat hatinya senang. Dan ternyata yang melukis itu masih anak-anak.

Melihat kelebihan yang ada pada Syekh Arsyad, terbesitlah di hati Sultan untuk mengasuh dan mendidik Syekh Arsyad di Istana. Sebetulnya, sang ibu sangat berat hati menerima tawaran tersebut. Namun ia sadar, jika puteranya itu perlu mendapat pendidikan yang lebih baik dan bagus. Otak secerdas Syekh Arsyad perlu diasah supaya menghasilkan sebuah berlian. Akhirnya Sang Sultan membawanya ke kerajaan.

Di istana, Sultan memperlakukannya seperti anak kandung sendiri. Para ulama terbaik didatangkan untuk mengajar di sana. Dengan kecerdasannya, Syekh Arsyad mampu menyerap semua materi-materi yang diajarkan guru-gurunya. Sekitar umur 7 tahun ia sudah fasih membaca al-quran. Di saat itu pula bakat tulis menulis sudah tampak pada dirinya.

Setelah dewasa, Syekh Arsyad menikahi wanita pilihan Sultan yang bernama Siti Aminah. Ia adalah perempuan yang shalihah dan juga sangat taat serta berbakti kepada suaminya.

Sanad Keilmuan Syekh Muhammad Arsyad

Setelah 35 tahun tinggal di istana dan mendapatkan pendidikan yang sangat baik, terlintas dalam hati  Syekh Arsyad untuk menimba ilmu ke Haramain.

Selama belajar di Haramain, Syekh Arsyad dibiayai oleh kerajaan. Sehingga Arsyad Al-Banjari mampu membeli rumah di daerah Syamsiyah, Makkah, yang sampai saat ini masih di pertahankan oleh imigran Banjar. Kampung Syamsiyah ini juga sebut dengan Barhat Banjar.

Kebetulan pada saat itu tidak hanya Syekh Arsyad saja yang diberangkatkan. Ada dua tokoh yang ikut diberangkatkan oleh Sultan Tahlilullah, yaitu Syekh Abdul Hamid yang dikenal dengan sebutan Datuk Ambuluang dan Syekh Muhammad Nafis bin Idris Al-Husain, yang lebih dikenal dengan sebutan Datuk Nafis.

Selain dari rombongan Borneo, pada saat itu ada pula tokoh-tokoh Nusantara lain yang menempuh pendidikan agama di tanah haram, mereka adalah Syekh Abdus Shamad al-Falimbani, Syekh Abdur Rahman al-Mashri al-Batawi dan Syekh Abdul Wahab al-Bugisi.

Selama di Haramain, Syekh Arsyad mengambil sanad keilmuan dari beberapa ulama Arab antara lain:

1. Syekh Athaillah bin Ahmad Al-Mihsri Al-Azhar.
2. Syekh Muhammad bin Sulaiman Al-Kurd, Madinah.
3. Syekh Muhammad bin Abdu Karim as-Samany Al Madany.
4. Syekh Ahmad bin Abdul Mun’in Ad-Damanhuri
5. Syekh Sayyid Abdul Faydh Muhammad Murtadha Az-Zabidi.
6. Syekh Hasan bin Ahmad ‘Akisy Al-Yamani.
7. Syekh Salim bin Abdullah Al-Bashri.
8. Syekh Shiddiq bin Umar Khan.
9. Syekh Abdullah bin Hijazi bin Asy-Syarqawi.
10. Syekh Abdurrahman bin Abdul Aziz Al-Maghrabi.
11. Syekh Sayyid Abdurrahman bin Sulayman Al Ahdal.
12. Syekh Abdurrahman bin Abdul Mubin Al-Fathani.
13. Syekh ‘Abid as-Sindi.
14. Syekh Abdul Wahab Ath-Thanthawi.
15. Syekh Maulana Sayyid Abdullah Mirghani.
16. Syekh Muhammad bin Ahmad Al-Jawahir.
17. Syekh Muhammad Zayn bin Faqih Jalaludin Aceh Sang Pembaharu di Borneo

Selain itu, Syekh Arsyad juga berguru kepada ulama-ulama dari Nusantara yang sudah lama mukim di Haramain seperti Syekh Abdur Rahman bin Abul Mubin Pauh Bok al-Fathani, Syekh Muhammad Zain bin Faqih Jalaludin Aceh, Syekh Muhammad Aqib bin Hasanudin al-Palimbani, dan masih banyak lagi guru-gurunya yang berasal dari Nusantara.

Syekh Arsyad menghabiskan waktu selama 35 tahun di sana dan akhirnya kembali ke Nusantara bersama Syekh Abdur Rahman al-Mashri al-Betawi, dan Syekh Abdul Wahab al-Bugisi pada tahun 1186 H/1773 M.

Jasa Syekh Muhammad Arsyad di Bidang Sosial dan Keagamaan

Setelah kembali ke Nusantara, Syekh Arsyad diminta oleh Syekh Abdur Rahman al-Mashri al-Betawi untuk singgah di rumahnya, Batavia. Di sana, Syekh Arsyad sempat mengajarkan ilmu dan membetulkan arah kiblat beberapa masjid.

Dua bulan lamanya tinggal di Batavia, akhirnya Syekh Arsyad berpamitan untuk kembali ke Banjar. Meskipun di Banjar sudah berdiri kesultanan Islam sejak kepemimpinan Sultan Surian Syah atau Sulan llah, namun perkembangan Islam di sana tidak berkembang secara signifikan. Pemeluknya hanya berasal dari kalangan muslim Melayu dan sedikit sekali yang menjalani syariat dengan ketat.

Melihat hal tersebut, Syekh Arsyad kemudian mendirikan lembaga-lembaga pendidikan Islam di Martapura agar ia dapat mengenalkan gagasan-gagasan keagamaan terhadap masyarakat sekitar.

Mula-mula Syekh Arsyad mendirikan sebuah langgar untuk menampung para pembelajar. Namun semakin hari malah semakin bertambah banyak murid-murid yang datang. Bahkan tidak hanya di satu desa, mereka datang dari beberapa desa.

Melihat murid-muridnya semakin banyak, Syekh Arsyad meminta pada Sultan Tahmi Allah II untuk memberikan sebidang tanah yang luas yang terletak di luar kesultanan.

Di lembaga pendidikan tersebut, Syekh Arsyad mengajarkan beberapa bidang keilmuan seperti al-Quran, baca tulis Arab Melayu, Ibadah (Fikih), Nahwu, Sharaf, Tafsir, Hadis, Tauhid, dan lain-lain.

Dalam berdakwa Syekh Muhammad Arsyad memiliki metode tersendiri, yang mana di antara satu dan yang lainnya saling menunjang. Adapun metode yang digunakan:

1. Bil Hal
Keteladanan yang baik (Uswatun Hasanah) yang direfleksikan dalam tingkah laku, gerak gerik dan tutur kata, sehari-hari dan disaksikan secara langsung oleh murid-muridnya

2. Bil Lisan
Dengan mengadakan pengajaran dan pengajian yang bisa diikuti siapa saja, baik keluarga, kerabat dan sahabat

3. Bil Kitabah
Menggunakan bakat yang ia miliki dibidang tulis menulis, sehingga lahirlah lewat ketajaman penanya kitab-kitab yang menjadi pegangan umat

Karena kealimannya yang sudah popular di masyarakat, akhirnya Syekh Arsyad diangkat menjadi Mufti yang bertanggung jawab mengeluarkan fatwa-fatwa mengenai masalah keagamaan dan sosial.

Di samping mengajar, Syekh Arsyad adalah ulama produktif. Ada banyak karya yang ia hasilkan. Bahkan di antaranya sudah tersebar di beberapa negara tetangga, seperti kitab Sabil Al-Muhtadin li at-Tafaqquhi fi Amri ad-Din, yang di seselesaikan pada hari Ahad, 27 Rabiul Akhir 1195 H/1780 M. kemasyhurannya sampai ke Malaysia, Brunei, dan Pattani (Thailand Selatan). Sedangkan karya-karya yang lainnya adalah sebagai berikut:

1. Tuhfah ar-Raghibin fi Bayani Haqiqah Iman Al Mu’minin wa ma Yufsiduhu Riddah ar-Murtaddin, diselesaikan tahun 1188 H/1774 M
2. Luqtah Al-‘Ajlan fi Al-Haidhi wa Al-Istihadhah wa an-Nifas an-Nis-yan, diselesaikan tahun 1192H/1778M.
3. Sabil Al-Muhtadin li at-Tafaqquhi fi Amri ad-Din, diseselesaikan pada hari Ahad, 27 Rabiul akhir 1195 H/1780 M.
4. Risalah Qaul Al-Mukhtashar, diselesaikan pada hari Khamis 22 Rabiulawal 1196 H/1781 M.
5. Kitab Bab an-Nikah.
6. Bidayah Al-Mubtadi wa ‘Umdah Al-Auladi
7. Kanzu Al-Ma’rifah
8. Ushul ad-Din
9. Kitab Al-Faraid
10. Hasyiyah Fat-h Al-Wahhab
11. Mushaf Al-Quran Al-Karim
12. Fathu ar-Rahman
13. Arkanu Ta’lim as-Shibyan
14. Bulugh Al-Maram
15. Fi Bayani Qadha’ wa Al-Qadar wa
16. Tuhfah Al-Ahbab Al-Waba’
17. Khuthbah Muthlaqah Pakai Makna.

Wafatnya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari

Pada tahun 1807 M, Allah Swt. memanggil Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari menghadap kehadirat-Nya di usia yang ke-105 tahun. Ia dimakamkan di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Continue Reading

Berita

Dimakamkan 4 Tahun Lalu Jasad Mbah Moen Masih Utuh, Berikut Biografi KH Maimoen Zubair

Published

on

By

Jakarta, JATMAN Online – Kabar mengejutkan sekaligus luar biasa datang dari Makkah. Jasad salah satu ulama besar Indonesia yakni KH Maimoen Zubair dikabarkan masih dalam kondisi utuh ketika makamnya di Mekkah dibongkar.

Kabar masih utuhnya jasad KH Maimoen Zubair itu sempat dibagikan oleh pengguna akun Youtube Alman Mulyana.

Alman menjelaskan bahwa makam di Kota Mekkah itu selalu dibongkar selama 4 tahun sekali. Salah satunya yang tengah melakukan kegiatan pembongkaran yakni di komplek pemakaman bersejarah Jannatul Ma’la.

Di komplek tersebut terdapat makam keluarga Rasullah. Selain itu ada pula ulama besar Indonesia yakni KH Maimoen Zubair.

“Jannatul Ma’la ini terdapat makam keluarga Rasulullah termasuk juga makam ulama besar Indonesia yaitu KH Maimoen Zubair. Hari ini dibongkar dan luar biasanya makam KH Maimoen Zubair itu yang dibongkar ditutup kembali karena jasadnya masih utuh,” ungkapnya.

Untuk membuktikannya, ia bahkan sempat menyambagi tempat jasad KH Maimoen Zubair dimakamkan.

Dari video yang diperlihatkan terlihat bekas pembongkaran makam KH Maimoen Zubair yang kemudian ditutup kembali. Ia memperlihatkan pula batu nisan yang bertulis nama KH Maimoen Zubair di atas liang yang baru saja dibongkar itu.

Biografi KH Maimoen Zubair: Keturunan Sunan Giri

KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) dikenal sebagai kiai atau ulama kharismatik dari indonesia. Selain menjadi seorang ulama, beliau juga dikenal sebagai seorang politikus. Berikut profil dan biografi KH Maimun Zubair (Mbah Moen).

Mbah Moen adalah putra pertama dari pasangan Kiai Zubair Dahlan dan Nyai Mahmudah. Beliau dilahirkan di Karang Mangu Sarang hari Kamis Legi bulan Sya’ban tahun 1347 H atau 1348H atau 28 Oktober 1928.

Dari jalur silsilah kakek, nasab Mbah Moen sampai kepada Sunan Giri. Berikut adalah jalur silsilah nasab Mbah Moen: KH. Zubair bin Mbah Dahlan bin Mbah Carik Waridjo bin Mbah Munandar bin Puteh Podang (desa Lajo Singgahan Tuban) bin Imam Qomaruddin (dari Blongsong Baureno Bojonegoro) bin Muhammad (Macan Putih Gresik) bin Ali bin Husen (desa Mentaras Dukun Gresik) bin Abdulloh (desa Karang Jarak Gresik) bin pangeran Pakabunan bin panembahan Kulon bin sunan Giri.

Sedangkan dari jalur silsilah Nenek yaitu, Nyai Hasanah binti Kiai Syu’aib bin Mbah Ghozali bin Mbah Maulana (Mbah Lanah seorang bangsawan Madura yang bergabung dengan pasukan Pangeran Diponegoro).

Ayahnda Mbah Moen, Kiai Zubair, adalah murid pilihan dari Syaikh Sa’id Al-Yamani serta Syaikh Hasan Al-Yamani Al- Makky. Kedua guru tersebut adalah sosok ulama yang tersohor di Yaman.

Dari ayahnya, beliau meneladani ketegasan dan keteguhan, sementara dari kakeknya beliau meneladani rasa kasih sayang dan kedermawanan. Kasih sayang terkadang merontokkan ketegasan, rendah hati seringkali berseberangan dengan ketegasan.

Namun dalam pribadi Mbah Moen, semua itu tersinergi secara seimbang. Kerasnya kehidupan pesisir tidak membuat sikapnya ikut mengeras.

Beliau adalah gambaran sempurna dari pribadi yang santun dan matang. Semua itu bukanlah kebetulan, sebab sejak dini beliau yang hidup dalam tradisi pesantren diasuh langsung oleh ayah dan kakeknya sendiri.

Keluarga Mbah Moen

KH Maimun Zubair (Mbah Moen) diketahui bahwa beliau menikah dengan nyai Hj Fatimah yang merupakan anak dari KH Baidhowi Lasem. Istrinya Hj Fatimah meninggal dunia pada tanggal 18 Oktober 2011. KH Maimun Zubair (Mbah Moen) juga diketahui menikah dengan wanita bernama Nyai Masthi’ah, anak dari KH Idris asal Cepu.

Nama-nama putra-putri beliau diantaranya:

KH. Abdullah Ubab
KH. Gus Najih
KH. Majid Kamil
Gus Abd. Ghofur
Gus Abd. Rouf
Gus M. Wafi
Gus Yasin
Gus Idror
Sobihah (Mustofa Aqil)
Rodhiyah (Gus Anam)

Pendidikan

Dalam riwayat pendidikannya, sejak kecil Mbah Moen sudah dibimbing langsung oleh orangtuanya dengan ilmu agama yang kuat, mulai dari menghafal dan memahami ilmu Shorof, Nahwu, Fiqih, Manthiq, Balaghah dan bermacam Ilmu Syara’ yang lain.

Pada usia yang masih muda, beliau sudah hafal beberapa kitab di luar kepala di antaranya Al-Jurumiyyah, Imrithi, Alfiyyah Ibnu Malik, Matan Jauharotut Tauhid, Sullamul Munauroq serta Rohabiyyah fil Faroidl. Selain itu, beliau juga mampu menghafal kitab fiqh madzhab Asy-Syafi’I, seperti Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Fathul Wahhab dan lain sebagainya.

Pada tahun 1945 beliau memulai pendidikannya ke Pondok Lirboyo Kediri, di bawah bimbingan KH. Abdul Karim atau yang biasa dipanggil dengan Mbah Manaf. Selain kepada Mbah Manaf, beliau juga menimba ilmu agama dari KH. Mahrus Ali juga KH. Marzuqi.

Setelah itu selesai, kemudian beliau kembali ke kampungnya, mengamalkan ilmu yang sudah beliau dapat. Kemudian pada tahun 1950, beliau berangkat ke Mekkah bersama kakeknya sendiri, yaitu KH. Ahmad bin Syu’aib untuk belajar dengan ulama di Mekkah.

Di antaranya adalah Sayyid Alawi al-Maliki, Syekh al-lmam Hasan al-Masysyath, Sayyid Amin al-Quthbi, Syekh Yasin Isa al-Fadani, Syekh Abdul Qodir al-Mandaly. Disana ia belajar selama 2 tahun.

Pada tahun 1952, Mbah Moen kembali ke Tanah Air. Setiba di Indonesia Mbah Moen kemudian melanjutkan belajar ke beberapa ulama di tanah Jawa. Guru-guru beliau adalah Kiai Baidhowi, Kiai Ma’shum Lasem, Kiai Bisri Musthofa (Rembang), Kiai Wahab Chasbullah, Kiai Muslih Mranggen (Demak), Kiai Abdullah Abbas Buntet (Cirebon), Syekh Abui Fadhol Senori (Tuban), dan beberapa kiai lain.

Mendirikan Pondok Pesantren Al-Anwar

Setelah dirasa cukup untuk menimba ilmu, akhirnya Mbah Moen kembali ke Sarang dan mengabdi kepada masyarakat di sana.

Pada tahun 1965, Mbah Moen mendirikan Pesantren al-Anwar. Pesantren inilah kemudian menjadi rujukan para orang tua, untuk memondokan anaknya untuk belajar kitab kuning dan turats.

Sehingga akhirnya, masyarakat Sarang mengenal KH Maimoen Zubair sebagai sosok ulama yang kharismatik.

Karier Politik dan Kiprahnya di NU

Selain menjadi seorang pengasuh Al-Anwar Sarang, Pada tahun 1971, Mbah Moen terjun ke dunia politik menjadi anggota DPR wilayah Rembang hingga tahun 1978. Kemudian pada tahun 1987, beliau menjadi Anggota MPR RI utusan Jawa tengah hingga tahun 1999.

Kemudian semasa jabatan politiknya di MPR RI, Mbah Moen juga pada tahun 1985 hingga 1990 dikenal aktif dalam NU, Mbah Moen pernah menjabat sebagai Ketua Syuriah NU Provinsi Jawa Tengah. Beliau juga pernah menjadi Ketua Jam’iyah Thariqah NU.

Pada tahun 1995 hingga 1999, Mbah Moen juga aktif dalam organisasi partai seperti menjadi Ketua MPP Partai Persatuan Pembangunan, dan kemudian menjadi Ketua Majelis Syari’ah PPP sejak 2004.

Karya-Karya Mbah Moen

  • Nushushul Akhyar adalah kitab karangan Mbah Moen yang menjelaskan tentang penetapan awal puasa, Idul Fitri dan pembahasan terkait tempat Sa’i.
  • Tarajim Masyayikh Al-Ma’ahid Ad-Diniah bi Sarang Al-Qudama’ merupakan kitab yang ditulis oleh Mbah Moen yang berisi biografi lengkap ulama-ulama Sarang.
  • Al-Ulama’ Al-Mujaddidun kitab inilah yang sering di kaji oleh Gus Baha.
  • Maslakuk Tanasuk kitab ini menjelaskan tentang sanad thoriqot Mbah Moen kepada Sayyid Muhammad Al Maliki dan berisi pembahasan lainnya.
  • Kifayatul Ashhab.
  • Taqirat Badi Amali.
  • Taqrirat Mandzumah Jauharut Tauhid.

Wafat di Makkah

Tahun 2019 saat menunaikan ibadah haji, pada hari Selasa, 6 Agustus 2019 pagi KH. Maimoen Zubair wafat. Atas keinginan sendiri (wasiat) kepada anak-anaknya, beliau ingin dimakamkan di pemakaman Ma’la di Makkah, Arab Saudi.

Beliau tutup usia pada dalam umur 90 tahun. Wallahua’lam.

Continue Reading

Tokoh

Mengenal KH. Abdurrohman Mranggen, Khalifah TQN yang Haulnya Diperingati Setiap Dzulhijjah

Published

on

KH. Abdurrahman Mranggen merupakan salah satu tokoh penyebar Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN) yang sangat berpengaruh di Jawa Tengah. Berkat kegigihan KH. Abdurrahman dan dzuriyahnya, Thariqah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah berhasil membumi di masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah. 

Tanggal 11 Dzulhijjah 1444 H, merupakan peringatan haul KH Abdurrahman bin Qasidil Haq ke-83. Berikut manaqib beliau.

Kelahiran dan Pendidikan KH Abdurrahman Mranggen  

KH. Abdurrahman lahir di kampung Suburan Mranggen Demak tahun 1872 M. Ayahnya Kiai Kasidin yang dikenal juga dengan KH. Qosidil Haq merupakan seorang guru ngaji. Selain itu setiap harinya Kiai Qosidil Haq juga berkebun dan berdagang, serta menyewakan rumahnya untuk penginapan para pedagang yang datang dari luar kota.

Dalam hal pendidikannya, Kiai Abdurrohman kecil dididik dan dibimbing langsung oleh ayahnya sendiri, lalu setelah memasuki usia dewasa beliau belajar di Pesantren Tayem, Purwodadi, Grobogan. 

Kiai Abdurrorman juga pernah nyantri di sebuah pesantren yang berada di seberang sungai Brantas Kediri Jawa Timur. Setelah pulang dari Jawa Timur, Dirinya berguru pada KH. Abu Mi’raj di Kampung Sapen, Penggaron, Genuk, Kota Semarang, hingga akhirnya dijodohkan dengan putrinya yaitu Nyai Hajjah Shofiyah Abu Mi’raj.  

Kiai Abdurrohman sempat berguru pula pada  KH. Sholeh Darat, seorang ulama besar kenamaan dari Semarang. Juga berguru pada KH. Ibrohim Brumbung Mranggen. Di sinilah Kiai Abdurrohman, di mata  KH. Ibrohim mulai terlihat keistimewaannya. 

Pada suatu ketika KH. Ibrohim akan melaksanakan shalat berjamaah dengan para santrinya, termasuk Kiai Abdurrohman. Sebelum berjamaah  KH. Ibrohim berkata pada santri-santrinya, bahwa ketika nanti apabila ada sesuatu hal terjadi dan ia mampu menghadapinya dengan sabar dan tenang, maka suatu saat nanti akan mempunyai putra yang berhasil menjadi orang yang sholeh dan alim.  

Tidak lama setelah itu ketika KH. Ibrohim melaksanakan jamaah shalat maghrib bersama santri-santrinya. Ketika selesai shalat tiba-tiba ada seekor ular datang menuju ke arah Kiai Abdurrohman, ular itu terlihat merambati tubuhnya, dan hal itu berlangsung sampai shalat jamaah selesai. 

Bahkan menjelang shalat jamaah Isya KH. Ibrohim menuju ke Mushala untuk shalat Isya ternyata masih dijumpai Kiai Abdurroman masih tetap berada ditempatnya dan melihat ular tadi yang masih berada di sekitar Kiai Abdurrohman.

Setelah ular itu pergi dengan sendirinya KH. Ibrohim mengatakan kepada Kiai Abdurrohman bahwa “Kamu termasuk orang yang tahan ujian, sabar dan tabah.” Dalam redaksi yang lain dikatakan bahwa “besok kamu akan memiliki putra yang shaleh, alim, dan menjadi orang besar.”

Perkataan sang guru adalah doa bagi seorang murid, demikian pula perkataan KH. Ibrohim yang mengandung doa itu dikabulkan oleh Allah Swt., dan di kemudian hari Kiai Abdurrohman menjadi seorang ulama dan putra-putrinya menjadi orang-orang yang alim. Di antaranya adalah dua putra beliau yang ketokohan dan keulamaannya begitu masyhur di nusantara, yaitu KH. Muslih Abdurrohman dan KH. Ahmad Muthohar. Dan setelah kejadian tersebut KH. Ibrohim berkenan membaiat Kiai Abdurrohman untuk menjadi Khalifah Thariqah Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah. 

Dalam mencari maisyah sehari-sehari, Kiai Abdurrohman berdagang kain di pasar. Meskipun demikian dirinya sangat disiplin dalam beribadah. Di antara kebiasaannya adalah beliau tidak berangkat ke tempat dagang sebelum menunaikan shalat dhuha, meskipun sudah banyak calon pembeli berdatangan, tidak menyurutkan niat mereka untuk membeli kain dari kiai Abdurrahman sehingga mereka nampak setia menunggu sampai beliau datang.

Kiai Abdurrohman juga dicintai para pelanggannya karena suka memberi kelonggaran pada mereka yang mengambil barang dagangannya dulu dan membayar belakangan atau diangsur.  

Selain itu, berkat kejujuran dan kemahirannya dalam berbahasa Arab, para pedagang keturunan Arab yang tinggal di Semarang juga menaruh kepercayaan kepada beliau dan membolehkan dirinya membawa barang dagangannya.

Sosok Kiai Abdurrohman juga dikenal sebagai pribadi yang luwes dalam setiap pergaulan. Bergaul dengan kiai tampak kekiyaiannya, bergaul dengan bangsawan tampak kebangsawanannya, bergaul dengan pedagang kelihatan sifat kesaudagarannya.

Di samping sebagai pedagang, ketokohan Kiai Abdurrohman juga sudah terkenal pada saat itu, dirinya juga sangat perhatian terhadap dunia pendidikan. Terbukti beliau merintis pendirian Pesantren Suburan (kelak berubah nama menjadi Pondok Pesantren Furuhiyyah Mranggen) yang kemudian menjadi pusat pendidikan Islam di Demak dan banyak tokoh-tokoh besar terlahir dari pesantren yang beliau dirikan itu.

Sebagai sorang alim yang berdedikasi tinggi terhadap tugas dan tanggung jawabnya, Kiai Abdurrohman senantiasa mengamalkan ilmu-ilmu yang dikuasai demi pengabdian kepada Allah dan Rasul-Nya, Agama juga kepada Nusa dan Bangsa.

Keluarga KH Abdurrahman Mranggen

Kiai Abdurrohman beristri dua, tapi tidak poligami. Istri pertama Ibu Nyai Suripah ipar KH Ibrohim Brumbung Mranggen dan dikaruniai empat orang putra namun semuanya dipanggil oleh Allah Swt, sewaktu masih kecil yakni setelah ibunya Suripah menghadap kehadirat Allah Swt.

Kemudian dirinya berkenan menikah lagi dengan Hj. Shofiyyah (nama kecil Fatimah) binti KH. Abu Mi’roj bin Kiai Syamsudin Penggaron Genuk Semarang dan dikaruniai 11 Putra-putri antara lain:

1. Hafsoh (lahir di kapal dalam perjalan menuju tanah suci, meninggal di Jakarta dalam perjalanan ke tanah air)
2. KH Usman (wafat 1967)
3. Bashiroh (meninggal sewaktu kecil)
4. KH Muslih (Wafat tahun 1981)
5. KH Murodi (Wafat tahun 1980)
6. Rohmah (meninggal sewaktu kecil)
7. KH Fathan (Wafat tahun 1945)
8. KH Ahmad Muthohar (meninggal tahun 2005)
9. Hj Rohmah Muniri (meninggal tahun 1988)
10. Faqih (meninggal sewaktu kecil)
11. Tasbihah Mukri (meninggal sewaktu kecil)

Akhir Hayat KH Abdurrahman Mranggen

Puluhan tahun KH Abdurrahman mewakafkan dirinya untuk berjuang dalam dakwah menyebarkan ajaran agama serta pengabdiannya kepada masyarakat, sehingga sangat patut jika beliau mendapatkan tempat yang terbaik dan penghargaan dari para kolega dan masyarakat umum lainnya. 

Setelah pengabdiannya kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. KH. Abdurrohman menghadap Ilahi pada tanggal 12 Dzulhijjah 1360 H bertepatan pada tahun 1941 M dalam usia 70 tahun.

Semoga beliau menjadi teladan bagi kita semua.

Continue Reading

Tokoh

Mengenal Syekh Abdul Wahab Rokan, Mursyid Thariqah Naqsabandiyah Khalidiyah dari Langkat

Published

on

Biografi Syekh Abdul Wahab Rokan

Syekh Abdul Wahab Rokan merupakan seorang mursyid Thariqah Naqsabandiyah Khalidiyah. Ayahnya bernama Abdul Manaf bin Muhammad Yasin bin Maulana Tuanku Haji Abdullah Tambusai. Sedangkan ibunya bernama Arbaiyah binti Datuk Dagi bin Tengku Perdana Menteri bin Sultan Ibrahim yang memiliki pertalian darah dengan Sultan Langkat.

Ayah Syekh Abdul Wahab, Syekh Abdul Manaf merupakan seorang ulama besar yang ‘abid dan cukup terkemuka di zamannya. Adapun Moyangnya, Maulana Tuanku Haji Abdullah Tembusai adalah seorang ulama besar dan golongan raja-raja yang sangat berpengaruh. Sehingga jika dilihat dari jalur nasab, Syekh Abdul Wahab bukanlah orang sembarangan.

Syekh Abdul Wahab Rokan Al-Khalidi Naqsyabandi, dilahirkan di Danau Runda, Rantau Binuang Sakti, Negeri Tinggi, Rokan Tengah, Riau (sekarang Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu), pada tanggal 19 Rabiul Awal 1230 H/ 28 September 1830 M, dengan nama Abu Qosim dan wafat di Babussalam, Langkat, pada hari Jumaat, 21 Jumadil awal 1345 H/ 26 Desember 1926 M, dalam usia 115 tahun.

Abu Qosim sejak kecil telah menunjukkan minatnya belajar dibidang keagamaan, mulai  dari kampung kelahirannya dengan berguru kepada  Tuan Baqi, kemudian menamatkan Al-Quran dengan H. M. Sholeh, seorang ulama besar yang berasal dari Minangkabau. Selanjutnya Abu Qosim belajar dengan Maulana Syekh Abdullah Halim serta Syekh Muhammad Shaleh Tembusai selama lebih kurang 3 tahun.

Abu Qosim di beri gelar oleh guru nya  “Faqih Muhammad” (orang yang ahli dalam bidang ilmu fiqh). Kemudian Abu Qosim Faqih Muhammad (begitu beliau dipanggil), atas bantuan ayah angkatnya, Haji Bahauddin melanjutkan belajar ke Semenanjung Melayu dan berguru kepada Syekh Muhammad Yusuf yang lebih dikenal dengan Tuk Ongku selama lebih kurang dua tahun. Dari semenanjuang Melayu, Abu Qosim Faqih Muhammad menempuh perjalanan panjang ke Mekah dan menimba ilmu pengetahuan selama enam tahun (1863-1869).

Di antara guru-gurunya di Mekkah yaitu Syekh Saidi Syarif Dahlan (Mufti Mazhab Syafi’i). Syekh Hasbullah (ulama Indonesia yang mengajar di Masjidil Haram) dan Syekh Sulaiman Zuhdi di Jabal Abu Qubais, Mekkah. Syekh Sulaiman Zuhdi inilah yang kemudian memberi ijazah (pegesahan) dan membaiat nama dari Abu Qosim Faqih Muhammad menjadi Abdul Wahab dan memperoleh ijazah sebagai “Khalifah Besar Thariqat Naqsyabandiyah al-Khalidiyah” (Syekh yang dapat mengembangkan Tarekat di daerahnya), sehingga Abdul Wahab (hamba Allah Yang Maha Pemberi) menjadi bernama Syekh Abdul Wahab Al Khalidi Naqsabandi, kemudian Syekh Abdul Wahab Al Khalidi Naqsabandi menambahkan nama daerah sebagai asal usulnya, yaitu Rokan sehingga lengkapnya menjadi Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi.

Berdasarkan silsilah Tarekat Naqsyabandiyah, Syekh Abdul Wahab Rokan menduduki urutan ke-17 dari pendiri tarekat tersebut, yakni Baha’al-Dîn al-Naqsyabandiyah, dan urutan yang ke-23 dari Nabi Muhammad saw.

Awal Pengembangan Tarekat

Sepulangnya dari Makkah, beliau kembali ke kampung halamannya Rokan Riau, dengan membangun sebuah perkampungan di Kubu (sekarang masuk daerah Kabupaten Rokan Hilir), yang bernama Kampung Masjid. Kampung ini menjadi basis penyebaran agama Islam. Dari hasil dakwahnya ini, beberapa raja Melayu di pesisir Pantai Timur Sumatera Utara seperti Panai, Kualuh, Bilah, Asahan, Kota Pinang, Deli dan Langkat selalu mengundang Syekh Abdul Wahab Rokan untuk berceramah di lingkungan dan kalangan istana. Salah seorang sultan bernama Sultan Musa Mu’azzamsyah dari Kesultanan Langkat menjadi pengikut Tarekat Naqsyabandiyah yang setia sehingga ia diangkat menjadi khalifah.

Kehadiran Syekh Abdul Wahab Rokan sebagai ulama yang disegani dan yang selalu mendapat dukungan dari raja-raja Melayu, membuat Belanda mencurigai gerak-gerik Syekh Abdul Wahab Rokan yang mengakibatkan ia tidak merasa nyaman lagi tinggal di daerah Kubu. Akhirnya, ia pindah ke Kualuh (Labuhan Batu) atas permintaan Sultan Ishak penguasa Kerajaan Kualuh, Di sana ia membuka perkampungan sebagai pusat dakwahnya yang namanya sama dengan perkampungan di Kubu yaitu Kampung Mesjid.

Setelah Sultan Ishak wafat, posisinya digantikan adiknya yang bernama Tuanku Uda. Tetapi sangat disayangkan, Tuanku Uda kurang simpati kepada Syekh Abdul Wahab Rokan. Dalam kondisi tersebut, Sultan Musa penguasa Kerajaan Langkat justru simpati dan mengharapkan agar Syekh Abdul Wahab Rokan pindah ke Langkat. Akhirnya setelah bermusyawarah dengan para muridnya, ia memutuskan untuk pindah ke Langkat, meninggalkan Kualuh.

Di Langkat, tepatnya tahun 1300/1882, ia mulai membangun perkampungan dan pusat persulukan Tarekat Naqsyabandiyah yang bernama Babussalam. Babussalam mulai di bangun pada 12 Syawal 1300 H (1883 M) yang merupakan wakaf muridnya sendiri Sultan Musa al-Muazzamsyah, Raja Langkat. Tempat ini masih ada sampai sekarang. 

Pokok Ajaran Syekh Abdul Wahab Rokan

Pokok ajaran Syekh Abdul Wahab Rokan dalam tarekat berpegang kepada pemikirannya yang tertuang dalam wasiatnya 44. Konsep hidup hemat dan sederhana adalah salah satu ajaran tarekat yang menjadi pegangan para pengikutnya (zuhud). Hidup zuhud adalah suatu perjalanan spiritual menuju Allah. Hidup zuhud bukan berarti menafikan harta dan kehidupan dunia. Ia berpendapat harta kekayaan adalah nikmat dan anugerah Allah yang pantas diterima dan disyukuri. Namun walau memiliki harta, tidak harus digunakan secara berlebihan, dengan kata lain adanya keseimbangan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.

Sebelumnya, peringatan setiap tahun hanya di peringati haulnya saja (hari wafatnya) di Babussalam Langkat Sumatera Utara, tempat Syekh Abdul Wahab Rokan mengembangkan ajaran tarekat terakhir sampai beliau wafat, Namun mulai tahun 2019, dilaksanakan pula Milad (hari kelahiran) beliau, pertama kali bertepatan dengan yang ke 208 tahun kelahirannya.

Peringatan Milad ini di laksanakan di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu, tanggal 5 Desember 2020, sebagai tumpah darah kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan, seorang sufi yang handal, tidak saja di tingkat regional namun sampai ke tingkat nasional dan bahkan negara tetangga. Peringatannya ditandai dengan melaksanakan suluk 10 hari dan  tahun 2019 yang lalu, telah di laksanakan pula pembuatan duplikat makam beliau di samping Surau Suluk yang cukup refresentatif di Rantau Binuang Sakti.

Adapun untuk saat ini, tonggak kemursyidan sudah masuk pada mursyid ke-12 yaitu diserahkan kepada Tuan Guru Syekh Dr. Zikmal Fuad MA. yang sebelumnya dipegang oleh Syekh H. Irfansyah Al Rokany.

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending