Connect with us

KH. Ali M. Adbdillah

Berhala di Dunia Modern

Published

on

Pengajian Tafsir Al Jailani karya Shaykh Abdul Qadir al Jailani
Surah al-‘Araf ayat 191 – 195
Oleh KH. Ali M. Abdillah

أَيُشْرِكُونَ مَا لَا يَخْلُقُ شَيْئًا وَهُمْ يُخْلَقُونَ (191) وَلا يَسْتَطِيعُونَ لَهُمْ نَصْرًا وَلا أَنْفُسَهُمْ يَنْصُرُونَ (192) وَإِنْ تَدْعُوهُمْ إِلَى الْهُدَى لَا يَتَّبِعُوكُمْ سَوَاءٌ عَلَيْكُمْ أَدَعَوْتُمُوهُمْ أَمْ أَنْتُمْ صَامِتُونَ (193) إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ فَادْعُوهُمْ فَلْيَسْتَجِيبُوا لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (194) أَلَهُمْ أَرْجُلٌ يَمْشُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ أَيْدٍ يَبْطِشُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ أَعْيُنٌ يُبْصِرُونَ بِهَا أَمْ لَهُمْ آذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا قُلِ ادْعُوا شُرَكَاءَكُمْ ثُمَّ كِيدُونِ فَلا تُنْظِرُونِ (195

Ayat diatas menjelaskan tentang berhala yang menjadikan hijab antara hamba dengan Allah taala.
Syekh Abdul Qadir Al-Jailani menjelaskan :

Bahwa pada setiap zaman pasti terdapat berhala yang menghalangi pandangan seorang hamba dengan Tuhannya. Pada zaman Nabi Muhammad SAW dahulu, berhala yang disembah oleh masyarakat semasa Nabi Muhammad SAW nampak. Namun seiring berkembangnya Islam di dunia, berhala yang menjadi hijab seorang hamba berubah bentuknya.

Syekh Abdul Qadir Al Jailani mengartikan berhala adalah sesuatu yang menghalangi pandangan seorang hamba dengan Tuhannya yakni berupa kecintaan berlebih terhadap sesuatu selain Allah Swt.

Dikatakan, siapa yang mencintai sesuatu dengan berlebihan maka ia menjadi hambanya. Mungkin saat zaman Nabi Muhammad Saw. mudah mendeteksi orang-orang yang menyebah berhala, sebab berhalanya nampak secara fisik. Berbeda dengan zaman sekarang dimana orang-orang telah banyak memeluk agama Islam dan menjalankan syariat agama yang menjadikan berhala itu tidak nampak secara kasat mata.

Syekh Abdul Qadir Al Jailani membagi berhala menjadi dua bagian. Pertama, berhala yang nampak (hissi) seperti patung atau benda-benda yang diyakini memiliki kekuatan tertentu. Kedua, rasa cinta yang berlebihan terhadap sesuatu selain Allah Swt. atau berhala maknawi yaitu mereka yang mencintai harta benda, anak, istri, pekerjaan, jabatan, yang melekat pada dirinya melebihi kecintaannya terhadap Allah Swt.

Anak, istri, harta benda dan jabatan dapat menjadikan berhala bagi umat Nabi Muhammad Saw. yang hidup di zaman modern, ketika ia mencintainya secara berlebihan.

Contohnya, ketika kita memiliki seorang anak kita selalu memberikan apa yang ia inginkan tanpa memperhitungkan bagaimana kelak dampak baik dan buruknya pada anak. Rasa cinta yang berlebih kepada anak itu bisa menipu kita akan kesadaran bahwa anak adalah amanah dari Allah Swt. yang mana Allah Swt. memerintahkan hambanya yang dikaruniai anak untuk dididik ajaran agama dengan baik agar menjadi anak yang sholeh dan mengenal Allah Swt. bukan memenuhi semua keinginannya sehingga anak itu menjadi manja.

Kemudian cinta yang berlebih terhadap sesuatu dapat menyebabkan seorang hamba menjadi jauh terperosok ke dalam jurang kesyirikan. Ketika ia dihadapkan dengan suatu persoalan maka ia akan mudah terpelanting dan mencari bantuan selain kepada Allah Swt., pergi ke dukun dan memenuhi apa yang dukun sarankan, misalnya. Pun saat seorang hamba itu mencintai pangkat, pengakuan orang lain, kemasyhuran dan harta bendanya. Padahal kecintaan terhadap sesuatu selain Allah Swt. itu sama sekali tidak memberi efek yang baik pada dirinya. Bahkan, kecintaan berlebihan itu dapat menjadikan hati seorang hamba sempit dan gelap.

Oleh karena itu, agar seorang hamba tidak jatuh pada kubangan hijab-hijab terhadap Allah taala itu. Syekh Abdul Qadir Al Jailani menyarankan agar menjauhi orang-orang yang orientasi hidupnya hanya mencintai perkara dunia saja. Sebab ketika kita bergumul dengan lingkungan yang tidak mencintai Allah Swt. maka kita juga akan tertular virusnya dan semakin jauh pandangan kita terhadap Allah Swt.

Selain itu, seorang hamba juga harus istiqomah berdzikir menyebut nama Allah Swt., dzikir yang paling ampuh ialah berdzikir kalimat thayibah: لا اله الا الله. Saat الا الله ditarik kemudian kata “Allah” dihempaskan ke jantung dan beri’tikad bahwa tiada yang dicintainya kecuali Allah taala maka otomatis dan berkesinambungan hatinya akan bersih dari selain Allah dan selalu ingat kepada Allah Swt.

Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan bimbingan kepada kita sampai sirathal mustaqim dan memberikan kekuatan kita secara lahir dan batin. Maka kita akan selalu menyadari bahwa semua yang ada dalam diri kita adalah amanah Allah Swt. (Silvia Bidayah Nafsani)

Al Rabbani Islamic College, 12 Oktober 2020.

Continue Reading

KH. Ali M. Adbdillah

Makna Alif-Lam-Mim (الٓمٓ) Menurut Syeikh Ibnu ‘Arabi

Published

on

Al-Qur’an mengandung ayat muhkamat dan ayat mutasyabbihat. Ayat jenis yang kedua ini adalah ayat yang samar, sulit dipahami, dan hanya Allah yang mengerti hakikat maknanya, dan para auliya yang telah diberikan ketersingkapan (kasyaf) oleh Allah SWT. Ayat ini antara lain adalah huruf-huruf muqaththa’ah di awal surah al-qur’an. Para ulama mufassirin pun ketika menafsirkan huruf-huruf tersebut umumnya menyebutkan “Allahu a’lam bi muradihi” (Allah yang lebih mengerti maksudnya).

Namun, bagi ulama ahli hakikat (muhaqqiqin) diberikan kasyaf oleh Allah untuk mengetahui makna di balik huruf-huruf muqaththa’ah tersebut. Ulama muhaqqiqin yang mengerti ilmu huruf ini adalah As-Syeikh Al-Imam Khatamul Auliya Abu Bakar Muhyiddin Muhammad Bin Ali Bin Ahmad Bin Abdullah Al-Hatimi atau yang masyhur dikenal dengan Ibnu ‘Arabi. Beliau wafat pada tahun 638 H.

Di dalam kitab masterpiece-nya Al-Futuhat Al-Makkiyah Jilid 1 halaman 95 , Syeikh Ibnu ‘Arabi menjelaskan bahwa sesungguhnya huruf-huruf itu adalah bagin dari ummat yang mendapat khitab (mukhathibun) dan dibebankan (mukallafun). Diantaranya mereka ada yang diangkat sebagai utusan dan memiliki nama-nama tertentu. Syeikh Ibnu ‘Arabi menyebutkan bahwa tidak ada yang mengetahui ilmu huruf ini kecuali para ahli kasyaf dari jalan kami. Beliau menjelaskan secara detail dalam kitabnya, namun kita akan membahas tafsir alif-lam-mim (الٓمٓ) dalam surat Ar-Rum ayat 1.

Huruf alif (ا) menunjukan tauhid, sedangkan huruf mim (م) adalah untuk menunjukan Sang Raja yang Tak Akan Hancur (ملك الذي لا يهلك). Huruf lam (ل) yang berada diantara alif dan mim adalah sebagai penyambung dari keduanya. Jika kita cermati huruf lam mengandung huruf alif (ا) dan awalan huruf mim. Kemudian garis huruf lam hingga posisi terendah (melengkung ke bawah) sampai ke huruf mim maknanya adalah surat At-Tin ayat 4-5:
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang ‎sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya ‎‎(neraka).”

Turunnya huruf alif ke tulisan (ا) itu seperti hadist shahih yang menjelaskan bahwa Allah turun ke langit dunia di sepertiga malam akhir.
يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ
“Tuhan kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir. Ia berfirman: Siapakah yang berdoa kepadaku, maka aku akan mengabulkannya, Siapa yang meminta kepadaku, maka aku akan memberikannya. Siapa yang memohon ampun kepadaku maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari-Muslim).

Langit dunia adalah awal alam yang tersusun (tarkib), karena langit ini adalah langit Nabi Adam AS. Sesungguhnya Allah turun dari maqam Ahadiyah (أحدية) ke maqam wujudnya makhluk (إيجاد الخليقة) dengan turun yang bersifat taqdis dan tanzih, bukan turun yang bersifat tamtsil dan tasybih. Artinya, bahwa Allah itu turun tidak sebagaimana yang difahami manusia yaitu dari atas ke bawah, karena Allah tidak serupa dengan makhluk.

Huruf lam adalah sebagai penengah, yaitu pengganti posisi Yang Mengadakan (المكوّن) dan yang diadakan (الكون). Maksudnya adalah melalui sifat qudrah Allah ini, alam semesta ini ada. Adapun gabungan dari Yang Mengadakan dan yang diadakan itu tidak dapat disifati dengan sifat qudrah dengan diri-Nya (قدرة على نفسه), namun dengan sifat qudrah dengan makhluk-Nya (قدرة على خلقه). Oleh karena itu, qudrah itu dikeluarkan kepada makhluk-Nya.

Masih terkait dengan sifat qudrah, penciptaan alam seluruhnya dari awal hingga akhir itu selama enam hari, yaitu mulai dari awal hari ahad hingga akhir hari jum’at. Tersisa hari sabtu, yang berfungsi untuk berpindah dari satu kondisi (حال) ke kondisi lain (حال), dan dari satu maqam (مقام) ke maqam lain (مقام). Sehingga Syeikh Ibnu ‘Arabi menjelaskan bahwa alif-lam-mim (الٓمٓ) adalah satu bintang yang mencakup ilmu Dzat, sifat, perbuatan (أفعال), dan objek perbuatan (مفعولات).

Wallahu a’lam bishshowab

Kajian Al-Futuhat Al-Makkiyah ini diampu oleh Dr KH Ali M Abdillah setiap malam ahad.
Link video kajian lengkapnya dapat disimak di:
https://youtu.be/He6gWOc6nKw
https://fb.watch/azIOPIj_FW/

Continue Reading

KH. Ali M. Adbdillah

Ngaji Ihya Ulumiddin: Enam Manfaat Uzlah

Published

on

Ngaji Ihya: Enam Manfaat Uzlah

Kajian ini disampikan oleh Dr. KH. Ali M. Abdillah, M.A. dalam Ngaji Ihya Ulumiddin pada 21 Juni 2021 di Al-Rabbani Islamic College Cikeas. Uzlah merupakan bagian dari suluk yang mengharuskan salik untuk mengasingkan diri atau menarik diri dari keramaian. Imam al-Ghazali menjelaskan beberapa manfaat uzlah antara lain :

1. Dapat khusyuk dalam beribadah

Bagi orang yang uzlah, ia akan mendapatkan ke-khusyuk-an dalam beribadah, karena hati dan difikirannya hanya difokuskan kepada Allah SWT.

2. Dapat merasakan nikmat ibadah

Untuk meraskan kenikmatan ibadah ini, sebelum uzlah seorang salik harus mampu mengukur kemampuan diri. Uzlah membutuhkan kemapanan lahir-batin. Misalnya seorang pekerja profesional dan sudah berkeluarga, ia harus sudah menyelesaikan pekerjaannya dan mendapatkan izin dari tempatnya bekerja serta sudah memenuhi kebutuhan keluarga saat hendak ditinggal uzlah.

3. Selamat dari kemaksiatan yang berpotensi muncul ketika bergaul dengan banyak orang seperti fitnah dan permusuhan

Uzlah bermanfaat bagi seseorang yang tinggal di dalam lingkungan yang berkarakter buruk. Ini juga relevan pada saat Indonesia sedang menyelenggarakan pemilu biasanya banyak bertebaran informasi yang simpang siur dan mengandung fitnah, uzlah adalah solusi agar terhindar dari pemikiran yang tidak perlu. Uzlah pada saat kondisi seperti itu tidak harus uzlah fisik tapi uzlah berdiam diri jangan sampai tergoda merespon informasi yang kurang jelas dan dapat menimbulkan perseteruan.

4. Selamat dari koneksi dengan manusia yang berkarakter buruk

Jiwa manusia dapat saling mempengaruhi. Jika ia tidak memiliki prinsip yang kuat maka ia akan mudah terbawa oleh orang lain. Saat berada di lingkup pertemanan yang buruk, biasanya ia akan mengalami satu fase berikut: ghibah/bergosip, kemudian su’uzan/mencurigai, kemudian ikut nyinyir dengan kebaikan orang lain. Setelah itu, ia ikut memprovokasi dan bicara bohong, sehingga timbullah adu domba sampai menjelekkan apa yang dilakukan orang lain karena ketidakpahaman diri. Akibatnya, timbullah permusuhan.

Timbulnya fase tersebut disebabkan oleh frekuensi ruhani seseorang berbeda. Maka dianjurkan untuk menjaga jarak lingkar pertemanan dengan orang yang kapasitas intelektual dan spiritual senjang dengan diri kita. Sebab kesenjangan ini dapat menimbulkan salah paham dan meruntuhkan keyakinan kita terhadap sesuatu yang dilakukan padahal ia sudah dijalur yang benar. Seperti salik berteman dengan orang yang membenci ajaran tasawuf sedang salik tersebut sedang tertarik belajar tasawuf lalu orang ini membujuk salik agar tidak usah belajar tasawuf. Yang seperti demikian lebih baik dihindari.

5. Terputus dari rasa tamak (berharap sesuatu dari makhluk)

Jika salik berharap kepada manuisa, ia juga harus berani menanggung kekecewaan. Karena bagi seorang salik yang Maha Memberi adalah Allah Yang Maha Kaya. Sebagai contoh, jika seseorang berkerja dan mendapatkan gaji dari pimpinannya. Di dalam hatinya, ia bersyukur dan meyakini bahwa rezeki datang dari Allah tapi wujud lahirnya ia mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang memberi. Ini disebut sebagai adab batiniah dan syariah.

Seseorang yang terjangkit penyakit tamak, maka ia dapat menjadikan seorang berkarakter munafik. Uzlah merupakan solusi untuk menghilangkan rasa tamak. Menghilangkan pemikiran tentang pandangan, penilaian, dan perlakuan seseorang pada diri salik adalah bagian dari riyadhah bagi salik. Tahapannya antara lain, pertama adalah menghilangkan riya (melakukan sesuatu karena ingin dipuji) dan kedua adalah menghilangkan rasa tamak kepada makhluk. Menguatkan ruhani lebih utama bagi salik.

6. Selamat bergaul dari orang bodoh dan keras hatinya

Jenis orang seperti ini hobinya adalah mencaci orang lain dan saat melakukannya ia tidak merasa menyakiti orang lain. Sering bergaul dengan mereka menyebabkan kita terbawa mengucapkan kata-kata mereka.

Demikian manfaat uzlah yang dari sisi maknawi adalah dapat menahan diri dari hal-hal di atas. [SBN]

Baca juga: Ngaji Ihya Ulumiddin Bersama KH. Ali M. Abdillah: Suluk untuk Membersihkan Kotoran Batiniah

Continue Reading

Artikel

Ngaji Ihya Ulumiddin Bersama KH. Ali M. Abdillah: Suluk untuk Membersihkan Kotoran Batiniah

Published

on

Ngaji Ihya Ulumiddin Bersama KH. Ali M. Abdillah: Suluk untuk Membersihkan Kotoran Batiniah

Manfaat Uzlah/Suluk adalah selamat dari segala bentuk kemaksiatan. Sebagaimana orang yang melakukan mukhalatah (hidup di tengah masyarakat namun tahan pada pengaruh buruk). Imam al-GHazali menerangkan ada empat penyakit kronis yang dapat dihindari saat seorang Uzlah yaitu: ghibah (bergosip), namimah (fitnah), riya (terpesona dengan kehendak diri sendiri) dan suqut anil amri wa nahi ala munka (diam dari perintah berbuat benar dan melarang kemungkaran).

Dalam bab riya, Imam al-Ghazali menjelaskan riya adalah melakukan sesuatu untuk mencari perhatian makhluk bukan karena Allah. Biasanya pelakunya jika melakukan sesuatu akan semangat apabila dilihat dan disanjung banyak orang. Riya ini termasuk penyakit kronis yang sulit dihilangkan. Bahkan wali abdal dan autad merasa kesulitan menghadapinya.

Riya termasuk syirik yang tersembunyi (syirik khafi). Rasulullah saw. telah mengingatkan bahwa yang paling beliau takutkan dari umatnya adalah bila seorang terjangkit syirik asghar yaitu riya. Riya bisa dihilangkan dengan mengamalkan ilmu tarekat yakni riyadhah mujahadah dan dzikir nafi isbat لا إلهَ إِلاَّ اللهُ

Jika sudah memahami makna substansi zikir nafi isbat, maka riya akan tergeser. Setelah istikamah dzikir nafi isbat kita juga akan memahami siapa diri kita dan mudah mengucapkan لاحول ولاقوة الا بآلله العلي العظيم

Selain itu, manfaat istikamah zikir nafi isbat, riyadhah dan mujahadah (suluk) adalah menguatkan ruhani sehingga memiliki filter bagi diri dari pengaruh lingkungan buruk. Karena karakter seseorang terbentuk dari keadaan lingkungannya. Maka ada ungkapan kalau kita berteman dengan tukang abu kita akan ketiban abunya dan bila kita berteman dengan tukang minyak wangi maka kita juga akan wangi.

Penyakit buruk akan menjadi penyakit yang terpendam. Maka sedikit sekali orang yang mengerti, apalagi dia orang yang ghofilin atau lalai. Jika orang yang istikamah zikir dan ia memiliki power saat berkumpul dengan orang yang karakter buruk, maka efek dari zikir ini akan bisa menjaga kita dari ketularan tabiat buruknya. Seolah-olah kita diberi penjagaan Allah untuk tidak mengikuti. Ini jika memiliki tameng ruhani. Jika kita tidak istikamah maka akan mudah mengikuti.

Selanjutnya Imam al-Ghazali mengutip sebuah hadis Rasulullah saw. bersabda bahwa kamu akan menemukan manusia yang paling buruk yaitu yang memiliki dua wajah, dia datang kepada satu kelompok dengan satu wajah dan pada yang lain dengan satu wajah. Inilah ciri oraang yang terjangkit riya, yaitu mudah menjadi orang munafik. Dia tidak memiliki prinsip.

Ada satu cara lain untuk merubah watak yang buruk yaitu dengan sering mendengarkan kebaikan maupun keburukan, terlebih menyaksikan perbuatan itu langsung. Kalau kita berkumpul dengan orang yang biasa bohong maka bisa dilihat kalau ia sehari tidak bohong rasanya kurang lengkap. Kalau berkumpul dengan orang baik, ia akan mengambil banyak hikmah darinya.

Inilah rahasia sabda Rasulullah saw. bawa ketika kita duduk bersama-sama mengingat orang salleh dan ilmunya maka akan turun rahmat pada kita. Yang bentuknya kita diberi pemahaman baik buruk sehingga tidak melakukannya. Dan masuk ke dalam surga dan berjumpa dengan Allah.

Dengan mengkaji ilmu orang saleh dan mengingatnya dalam diri kita akan muncul sifat rahmat dan tergerak memiliki kesungguhan untuk mengikuti langkah mereka dalam melakukan kebaikan.           Maka dari itu penting untuk istikamah mengkaji ilmu tasawuf dan praktek suluk tarekat (zikir, riyadhah mujahadah) agar kita dapat menaikkah vibrasi positif di dalam diri dan memulai untuk melakukan kebaikan. Tentu saja dengan proses yang tidak sebentar dan tahan dengan segala dinamika perjalanan pengamalannya. [Silvia Bidayah Nafsani]

Al-Rabbani Islamic College Cikeas, 10 Juni 2021

Continue Reading

Facebook

Arsip

Trending